Minggu, 26 November 2017

Marketing 2 - Membidik dan Menemukan orang yang akan membeli Produk Anda secara Gratisan



Marketing 2 - Membidik dan Menemukan orang yang akan membeli Produk Anda secara Gratisan


Kemarin kita sudah belajat materi tentang pemahaman Marketing dan media-media yang bisa menjadi daya ungkit agar produk Anda dikenal luas. .

Gimana? Sudah dipelajari materinya? 😊

Kini, kita lanjut lagi ya. .
Karena membahas Marketing. .
Jadi rencananya kita mau infokan keunggulan produk kita ke banyak orang. .

Tapi itu semua percuma kalau yang kita edukasi orang yang sama sekali gak minat produk kita.
Itu seperti ngajarin Anak SD materi SMA.
Kita edukasi apa, yang diedukasi gak ngerti apa-apa. Hehe

Jadi, edukasilah orang yang tepat.

Nah, siapa ini orang yang tepat?
Orang itu adalah target pasar kita

Target pasar adalah orang yang kemungkinan minat dan membeli produk kita. .
Jika kita menawarkan produk kita ke orang yang tepat, maka kemungkinan besar :

- Dia tidak akan keberatan dengan harga setinggi apapun

- Dia mungkin akan membeli dalam jumlah yang besar

- Closing orang itu akan sangat mudah

Kesimpulannya:
 Jualan ke orang yang tertarget itu UENAAAK BANGET, hehe. .

Nah, untuk bisa terhubung ke target pasar Anda. . Anda harus bisa "membayangkan" siapa mereka.

Anda harus tau spesifik Target pasar Anda.
Kenapa?

Karena jika Anda mencari sesuatu, tapi Anda tidak tau apa yang Anda cari, maka Anda tidak menemukan apapun. .

Bisa dipahami ya?

Sebelum mencari, Anda harus tau siapa target pasar Anda dan apa ciri-ciri spesifiknya. .

Karakter spesifik Target Pasar Anda itu disebut dengan Persona. .

Artinya, jika ingin tau siapa pembeli Anda, Anda harus bisa mengidentifikasi persona mereka. .

Persona adalah karakter dari Target Pasar kita.

Siapa mereka?
Apa kebiasaan mereka?
Bagaimana mereka memutuskan sesuatu dan informasi lainnya.?

Paham Persona = Jualan jadi mudah.

Kalau tau persona, itu seperti kita tau harus ngomong apa saat jualan, enak bukan?πŸ˜€


Nah, gimana sih caranya nentukan Persona?
Jawab saja deretan pertanyaan ini.

- Siapa Target pasar Anda?
Jabarkan secara singkat

- Usia mereka?
Umur sekian sampai sekian

- Jenis kelamin pengguna produk Anda?
Laki2? Perempuan? Atau keduanya?

- Pendapatan bulanan?
Bisa dikira-kira

- Hobby?
Apa aktivitas yang mereka sukai

- Public figure kesukaan?
Siapa tokoh idola mereka? Motivator? Artis? Pakar? Atau siapa?

- Dimana mereka biasa berkumpul?
Social media apa yang mereka pakai (online) atau tempat tongkrongan mereka (offline)

- Apa minat mereka?
Mereka tertarik terhadap apa?

isi semua pertanyaan diatas ya (tapi tidak disini ya ngisinya?) 😊
Beberapa orang menganggap persona tidak penting, sampai akhirnya mereka sadar.

Mereka tidak tau harus jualan kesiapa?

Pantas jika hasil jualannya segitu-segitu saja. .

Jadi, persona itu super penting sebelum membidik Target pasar. .

Dengan tahu semua hal diatas. . kita akan bisa dengan mudah menemukan mereka. .
Contoh, produk kita adalah oleh-oleh lokal.
Maka target pasar kita adalah wisatawan yang biasa berkunjung ke tempat wisata.

Taruh deh lapak sekitar tempat wisata tersebut, pasti ada calon pembeli mampir, hehe.


Misal kita jual kaca mata.
Mungkin target pasar kita minat terhadap dunia Fashion. Cari web yang bisa mengulas masalah fashion, iklan disana.

Atau kita jual produk edukasi
Mungkin target pasar kita tertarik dengan buku. . Nah buku apa yang biasa mereka sukai? Bagaimana cara kita menawarkan ke mereka?


Semakin spesifik ciri-ciri target pasar yang kita ketahui = semakin mudah kita mencarinya. .
Persona belum selesai sampai disini.
Anda juga perlu menjawab ini:

- Apa kekhawatiran mereka?
apa yang mereka gelisahkan

- Apa yg diinginkan mereka?
Mereka mau apa?

- Apa yg ditakuti mereka?
Apa yang tidak diinginkan mereka

- Apa mimpi mereka yang bisa Anda bantu wujudkan?
Manfaat produk Anda untuk pasar itu apa?

- Apa kebutuhan mereka?
Apakah produk anda bisa memenuhinya?

- Apa masalah mereka?
Apakah produk Anda bisa menyelesaikannya?


Jawab pertanyaan diatas, sebisa mungkin lebih dari 1 poin. .

Kalau Anda paham apa yang calon pembeli Anda cari, kan lebih enak jualannya. . .

Iya atau iya? Hehe.
Saat jualan nanti, ada yang namanya Hot Button

Hot Button ini adalah pemicu agar calon pembeli Anda membeli tanpa menunda-nunda.

Bagaimana menemukan Hot button calon pembeli?

Coba jawab pertanyaan di bawah ini. .

- Sebutkan 5 alasan kenapa mereka harus beli?

Contoh : Mudah, murah, lengkap, membantu, praktis?

- Kenapa calon pembeli harus percaya Anda?

Garansi, testimoni, pelanggan banyak, pengalaman

- Apa alasan kenapa mereka gak jadi beli?

Kemahalan, ribet, gak paham

- bagaimana cara membuat mereka jadi beli?

Ada diskon, ada after sales service

- Bagaimana caranya agar mereka merespon jualan Anda?

Funneling, main di customer journey, iklan, kasih promo


Nah, ini kira-kira penjelasan tentang Persona ditambah Hot Button.

Jualan tanpa tahu persona ibarat orang buta lagi jalan, tidak lihat apa-apa. Kasihan kan?
Setelah tahu persona Target pasar Anda. Mulailah cari mereka.

Siapa Tokoh yang mereka sukai? Nah, mereka pasti follower tokoh tersebut.

Apa hobby mereka? Mereka mungkin akan jadi anggota di komunitas yang memfasilitasi hobby mereka?

Apa keseharian mereka? Mereka akan berkumpul di tempat mereka biasa lalu lalang dan Anda bisa pasarkan produk Anda disana. .

Sampai disini sudah bisa dipahami ya.. 😊
Ok teman teman,
sementara sharing materi ini cukup sampai disini dulu ya..

Semoga bermanfaat menambah wawasan teman-teman.

Berikutnya, kita akan belajar caranya memasarkan produk baik Online dan Offline. .

Tunggu besok hari minggu malam ya. . . InsyaAllah 😊

(Dan jangan lupa cari tau Persona Target Pasar Anda)

Akhirnya saya ucapkan terimakasih atas kehadirannya untuk mengikuti materi malam ini.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangannya.

http://bantulfamily.com/2018/04/27/moreskin-paket-lengkap-kecantikan-termurah-di-indonesia/

Wassalamu'alaikum wr wb

Semangat Bagi-bagi Ilmu Gratis, kualitasnya bukan Gratisan😊πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname